Hadiri Musrenbangnas 2024, Pj Gubernur Sultra akan Tindaklajuti Arahan Presiden Jokowi

Febriyono Tamenk
Hadiri Musrenbangnas 2024, Pj Gubernur Sultra akan Tindaklajuti Arahan Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, didampingi Sekda Asrun Lio, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (6/5/2024).

Musrenbangnas tahun 2024, yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas, dengan tema "Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan" dibuka Presinden RI, Joko Widodo (Jokowi)

Dalam laporannya, Menteri PPN / Ka Bappenas Suharso Monoarfa memaparkan capaian sasaran pembangunan di Indonesia periode 2014-2023 yang mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah, capaian indikator makro pembangunan menunjukkan hal yang sangat positif. Pertumbuhan ekonomi kita stabil dan terjaga pada kisaran 5 persen, kemiskinan turun menjadi 1 digit (9,36), jumlah lapangan kerja naik hampir 3 kali lipat pada angka 4,55, indeks pembangunan manusia naik lebih dari 5 poin, gini rasio turun menjadi 0,388, serta nilai tukar petani naik lebih dari 10 poin," papar Suharso.

"Status ekonomi Indonesia juga kembali naik kelas menjadi Upper Middle Income dan tembus 1,4 Triliun USD. Kontribusi ekonomi Indonesia terhadap perekonomian global juga alami peningkatan dari 2,4 persen menjadi 2,5 persen pada tahun 2023," tambahnya.

Presiden Jokowi, dalam arahannya mengatakan bahwa, pertumbuhan ekonomi global hanya tumbuh 3,2 persen, ini merupakan tantangan situasi ekonomi global yang tidak mudah. Dampak Covid-19 masih terasa yang menyebabkan beberapa negara di Eropa, menuju resesi.

Editor : Asdar Zuula

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network