get app
inews
Aa Read Next : 4 Pengedar Uang Palsu Modus Transfer BRI Link di Kendari Diringkus Buser 77

Pastikan Ciri-ciri Uang Palsu, BI Sultra Sediakan Laboratorium Fasilitas Lengkap

Selasa, 07 Juni 2022 | 07:30 WIB
header img
Karyawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara. (Foto: Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id - Ciri-ciri uang palsu bisa dikenali dengan berbagai cara. Namun untuk lebih meyakinkan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan Laboratorium.

Jika masyarakat menemukan atau menerima uang yang dicurigai uang palsu, bisa langsung mendatangi labaoratorium BI Sultra.

Pelayanan pemeriksaan uang palsu atau bukan, pada hari kerja Selasa dan Kamis di loket Bank Indonesia Counterfit Analysis Center atau Bicac.

Pelaksana Harian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Aryo Wibowo T. Prasetyo menyebut, laboratorium tersebut memiliki peralatan dan fasilistas lengkap untuk memonitor serta mendeteksi uang palsu.

Peralatan dan fasilitasi itu diantaranya, mikroskop, ultraviolet dan mesin infrared, serta Sumber Daya Manusia (SDM) terlatih dan bersertfikat mengenali ciri-ciri keaslian uang.

"Lab itu mempunyai fasilitas peralatan untuk memantau, memonitor dan mendeteksi uang palsu, salah satunya paling sederhana mikroskop, kemudian juga ada ultraviolet dan juga ada mesin infrared, tapi yang terpenting adalah sumber daya manusian yang selalu disertifikasi, dilatih untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang," jelas Aryo Wibowo T. Prasetyo, di Kantor BI Sultra, Senin (6/6/2022).

Data BI Sultra, temuan uang palsu hingga Mei 2022, sebanyak 232 lembar. Ratusan lembar uang palsu ini, 90 persen temuan sejumlah perbankan di Sultra.

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut