get app
inews
Aa Read Next : Thawb Arab, Asal Mula Pakaian Wisuda Toga yang Dipakai Mahasiswa Seluruh Dunia

Jejak 4 Negara Muslim yang Runtuh dari Persia Hingga Yaman, Inilah Fakta di Baliknya

Rabu, 18 September 2024 | 15:58 WIB
header img
ejak 4 Negara Muslim yang Runtuh dari Persia Hingga Yaman, Inilah Fakta di Baliknya. (Foto: mzemo)

2. Kesultanan Turki Utsmani
 
Kesultanan Turki Utsmani, yang berkuasa selama lebih dari 600 tahun (1300-1922), menguasai wilayah yang luas, termasuk Yunani, Bulgaria, Rumania, Makedonia, Hongaria, Palestina, Yordania, Lebanon, Suriah, Mesir, dan sebagian besar pesisir Afrika Utara. 

Kesultanan ini dipimpin oleh seorang khalifah, yang dianggap sebagai pemimpin umat Muslim. Namun, kekuatan Turki Utsmani mulai melemah setelah kekalahan dalam Pertempuran Lepanto (1571). Keruntuhan besar terjadi setelah kekalahan mereka dalam Perang Dunia I, yang menyebabkan Turki Utsmani kehilangan hampir seluruh wilayah di Eropa dan Afrika.

Pada 1920, Inggris dan sekutunya berhasil memisahkan Arab dari kekuasaan Turki. Revolusi Turki Muda kemudian mengubah bentuk pemerintahan menjadi republik pada 1922, yang menandai berakhirnya kekuasaan sultan.

3. Republik Arab Bersatu
  
Republik Arab Bersatu merupakan gabungan politik antara Mesir dan Suriah yang diumumkan pada 1 Februari 1958. Penyatuan ini didorong oleh semangat nasionalisme dan solidaritas Arab untuk melawan pengaruh kolonial Barat. Namun, pada akhirnya, Suriah memutuskan untuk memisahkan diri karena merasa hanya menjadi alat bagi Mesir.

Republik Arab Bersatu resmi berakhir pada 28 September 1961, meskipun Mesir tetap menggunakan nama tersebut hingga 2 September 1971 setelah kematian Presiden Nasser.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut