get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin Diundang DPP PKB untuk Paparkan Visi dan Misi

Diantar Ribuan Pendukung dan 7 Ketua Parpol, Darwin Resmi Daftar Calon Bupati Muna Barat di PDIP

Senin, 15 April 2024 | 16:47 WIB
header img
Diantar Ribuan Pendukung dan 7 Ketua Parpol, Darwin Resmi Daftar Calon Bupati Muna Barat di PDIP, Senin (15/4/2024). (Foto: Istimewa)

MUNA BARAT, iNewsKendari.id - Diantar ribuan pendukungnya, La Ode Darwin, mengembalikan berkas pendaftaran Bakal Calon Bupati Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Senin (15/4/2024) sekira pukul 11.00 Wita.

Penyerahan berkas pendaftaran La Ode Darwin sebagai Bakal Calon Bupati Muna Barat di PDIP, disertai parade budaya seperti, Silat Muna, Reog, Kuda Lumping dan Belaganjur. 

Selain diantar ribuan pendukung, Darwin, juga didampingi 7 pimpinan Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Muna Barat.

Tujuh Ketua Parpol itu adalah, Ketua Partai Golkar - Uking Djassa, Ketua Partai Demokrat - Agung Darma, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) - La Ode Amin, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) - Rahman, Ketua Partai Gerindra - Nawaji, dan Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) - Gamal.  

Sejak pagi, ribuan pendukung sudah memadati kediaman Darwin, di Jalan Sultan Agung, Desa Wape Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Muna Barat.

Setelah itu, ribuan pendukung berjalan kaki mengantar Darwin, menuju posko pendaftaran PDIP, kurang lebih jaraknya 700 meter.

Sebelum ke posko pendaftaran PDIP, 7 pimpinan Parpol, masing-masing menyatakan komitmennya di depan ribuan masyarakat bahwa, akan berjuang bersama untuk mengantarkan Darwin, sebagai Bupati Muna Barat periode 2024-2029. Disusul dengan orasi Darwin.

"Kita ini sudah siap bertarung dengan 7 partai dengan perolehan 15 kursi di DPRD Muna Barat," ujar Darwin dalam orasinya di hadapan ribuan pendukungnya.

Darwin berharap, PDIP juga bisa bergabung bersama 7 partai lainnya, agar Pilkada Muna Barat berjalan riang gembira, tanpa ada perselisihan sesama masyarakat, hanya karena perbedaan dukungan.

"Kenapa harus semua partai yang memiliki kursi mendukung kita? agar tidak ada konflik di masyarakat karena pilkada. Sehingga ketika menjadi bupati, maka tidak lagi fokus menyelesaikan konflik di masyarakat, tapi kita fokus membangun," kata pria yang akrab disapa DW ini.

Di tempat yang sama, Ketua Partai NasDem La Insafu menegaskan, tidak ada calon yang didukung partainya, selain La Ode Darwin.

"Selama ini ada yang mengklaim NasDem, akan mendukung calon lain. Saya tegaskan di sini, kami Partai NasDem, komitmen mendukung bapak La Ode Darwin," tegasnya.

Lanjut La Insafu, dukungan NasDem kepada Darwin, sudah terkonsolidasi mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga DPP.

Sementara, menurut Ketua Partai Golkar Uking Djassa, saat ini sudah ada 7 Parpol yang bersepakat mendukung Darwin. Dia berharap PDIP ikut bergabung.

"Kita tujuh parpol sudah sepakat mendukung bapak La Ode Darwin. Untuk bulat seperti bola pimpong, maka kita mendaftar ke PDIP untuk menggaet suara secara bulat. Kalau PDIP memberi dukungan maka akan melawan kotak kosong," kata Uking, juga menjabat Wakil Ketua DPRD Muna Barat.

Ketua PKB La Ode Amin menyampaikan, kehadirannya ini untuk membuktikan bahwa, partainya sudah menjatuhkan pilihan mendukung La Ode Darwin.

"Kita juga PKB, akan mendukung seratus persen bapak La Ode Darwin, untuk menjadi bupati. Semoga bapak La Ode Darwin, menjadi Bupati Muna Barat," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Partai Demokrat Muna Barat Agung Darma, Ketua Gerindra Muna Barat Nawaji, Ketua PPP Rahman, dan Ketua PBB Gamal.

Usai berorasi, Darwin, bersama rombongan menuju ke posko pendaftaran PDIP. Setibanya, Darwin disambut hangat Ketua DPC PDIP Muna Barat Mahmud Muhammad, bersama beberapa pengurus lain.

Mahmud mengungkapkan, sejauh ini baru La Ode Darwin yang serius mendaftar sebagai Calon Bupati Muna Barat di PDIP. Hal ini dibuktikan dengan pengembalian berkas yang sudah diambil pekan lalu.

"Sudah ada beberapa nama yang mengambil formulir pendaftaran, tapi baru bapak La Ode Darwin yang serius mengembalikan berkas pendaftaran. Pendaftaran akan kita tutup 20 April 2024," ujar Mahmud.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, ada 8 parpol yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Muna Barat. Yaitu PDIP 5 kursi. Golkar, NasDem, PKB, dan Demokrat masing-masing 3 kursi. Gerindra, PPP, dan PBB masing-masing 1 kursi.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut