get app
inews
Aa Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

Komitmen Bangun Daerah, Bakal Calon Bupati Mubar Darwin Launching Program Petani Keren

Selasa, 12 Desember 2023 | 21:16 WIB
header img
Bakal Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin, meluncurkan program Petani Keren, di Desa Lalemba Kecamatan Lawa, Selasa (12/12/2023). (Foto:Tim Media Center La Ode Darwin)

MUNA BARAT, iNewsKendari.id - Bakal Calon Bupati Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Darwin, komitmen mengembangkan Sumber Daya Alam yakni sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Sebab menurut Darwin, Sumber Daya Alam (SDA) sangat berperan strategis dalam pembangunan hingga kemajuan ekonomi suatu daerah.

Komitmen ini dibuktikan Darwin, dengan meluncurkan program Petani Keren di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Muna Barat (Mubar), Selasa (12/12/2023).

Program Petani Keren menurut Darwin, fokus pada strategi pengembangan pertanian, mulai penggunaan teknologi pertanian modern, pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul gratis, serta pemasaran produk pertanian masyarakat.

"Pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul secara gratis ini sudah berjalan sejak awal tahun 2023," ujar Darwin.

Darwin memastikan, program Petani Keren bisa mejawab semua masalah yang dialami petani Mubar selama ini.

"Kita sudah identifikasi semua masalah yang dialami petani di Muna Barat selama ini. Di antaranya, tidak adanya pemberian bantuan pupuk dan bibit unggul dan masyarakat mengeluhkan pemasaran hasil pertanian," katanya.

"Maka ke depan, jika saya terpilih sebagai Bupati Muna Barat, maka saya pastikan pupuk dan bibit unggul kita akan berikan secara gratis untuk petani. Kemudian, kita kan memberikan bantun alat pertanian modern, serta kita juga akan membatun pemasarannya," imbuhnya.

Diketahui, saat ini Darwin sudah meluncurkan tiga program, yakni Mubar Tumbuh, Mubar Sehat, dan Petani Keren.

Mubar Tumbuh, fokus pada pendidikan dan ekonomi rumah tangga. Mubar Sehat, fokus pada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta zumba dan senam jantung sehat. Sedangkan, Petani Keren fokus pada pengembangan pertanian.

"Ketiga program yang sudah kita luncurkan ini, sudah kita jalankan. Artinya, saya ingin menumbuhkan gaya politik baru, yaitu dengan membangun politik nilai," tandasnya.

Sementara, salah seorang petani, Wa Ode Muliana mengaku, selama ini petani kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. 

"Selama ini, kami kesulitan untuk mendapatkan pupuk dan bibit. Kalaupun ada hasil, kami bingung mau jual ke mana," ujar Muliana disambut tepuk tangan ratusan petani lainnya.

Kata Muliana, Muna Barat membutuhkan sosok seperti Darwin yang memiliki visi yang baik dalam pengembangan sektor pertanian.

"Harapan kami, jika bapak La Ode Darwin menjadi Bupati Muna Barat, agar memperhatikan nasib para petani. Kami meminta agar pupuk dan bibit unggul digratiskan dan memberikan bantuan alat pertanian tepat sasaran," katanya.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut