get app
inews
Aa Read Next : Tampil dengan Model Baru, Tenun Khas Sultra Berkilau di Panggung Indonesia Fashion Week 2024

5 Desain Grafis Karya Anak Bangsa Mewakili Kecintaan pada Indonesia

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:34 WIB
header img
Rumah Adat Tongkonan Toraja, Sulawesi Selatan. (Foto: Dok. iNews.id)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya dan keindahan alam yang melimpah. Keindahan ini tercermin dalam lima desain grafis muda pemenang dari ajang #SeruMaksimalIniIndonesiaku yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan SilverQueen.

Keistimewaan dari desain-desain menang karya talenta muda berbakat Indonesia ini diwujudkan dalam kemasan spesial bertemakan #IniIndonesiaku. William Davis atau lebih dikenal dengan WD Willy, seorang ilustrator Indonesia, memberikan apresiasi tinggi terhadap karya-karya talenta muda ini karena mereka dengan bangga menampilkan kecintaan mereka pada Indonesia.

"#IniIndonesiaku merupakan sebuah kompetisi desain yang bertujuan sebagai platform bagi generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Mereka meraih kemenangan dalam kompetisi karena karyanya dinilai unik dan berhasil menggambarkan keindahan serta keberagaman Indonesia," jelas Willy, Selasa (1/8/2023).

Setiap desain dalam kompetisi ini menggambarkan keunikan dan cerita yang penuh inspirasi. Misalnya, desain dengan judul "Satu Langit, Satu Bumi Pertiwi" mengilustrasikan berbagai landmark dan ikon dari setiap kota di Indonesia, termasuk Monas, Candi Prambanan, Rumah Gadang, dan Rumah Tongkonan.

Adapun desain berjudul "Childhood Memories" menampilkan kenangan bermain tradisional masa kecil, dengan dakon sebagai simbol mengenang momen ceria di masa lalu. Selain itu, desain "Keseruan Pesta Rakyat" menggambarkan kegembiraan dalam pesta rakyat yang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia dan masih dilestarikan hingga saat ini.

"Salah satu desain Manisnya Keberagaman dalam Persatuan, menggambarkan dengan indah keberagaman dan kekayaan Indonesia dari Sabang hingga Merauke, termasuk di antaranya adalah ragam baju adat. Lewat ilustrasi ini, desainer bertujuan untuk menginspirasi semangat persatuan, di mana meskipun berbeda-beda, tetap menjadi satu dalam Indonesia," kata Willy.

Mikhaela Bunawan, Brand Manager SilverQueen, menyampaikan bahwa kampanye yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kemenparekraf/Baparekraf bertujuan untuk mengajak generasi muda agar aktif dalam melestarikan warisan budaya dan keindahan destinasi wisata di Indonesia. Melalui inisiatif ini, diharapkan generasi muda dapat ikut berkontribusi dalam memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air, serta berusaha mewujudkan impian untuk sebuah Indonesia yang lebih indah.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut