get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Siswa dan Orang Tua Berunjuk Rasa Tuntut Kepala SMA Negeri 1 Lasolo Dicopot

Orang Tua Wajib Tahu, Begini Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Sabtu, 22 Juli 2023 | 13:00 WIB
header img
Ilustrasi Anak Membaca. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Para orang tua wajib tahu cara mengajari anak membaca tanpa mengeja. Setiap orang tua tentu harus mengetahui metode yang pas, agar sang anak bisa melafalkan huruf-huruf.

Orang tua harus melakukan pendekatan fonetik atau pendekatan kata untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja. Berikut berbagai cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Pendekatan Kata

Cara ini bisa menggunakan kartu-kartu kata dengan kata-kata sederhana, mudah dikenali anak, kemudian ajak anak melihat mengenali kata sederhana itu untuk membaca dengan cara melihat gambar.

Orang tua membacakan buku cerita sesuai tingkat baca anak, kemudian ajak sang anak mengikuti setiap kata pada buku itu saat dibacakan.

2. Pendekatan Fonetik

Cara kedua ini, orang tua harus memulai mengajarkan dengan bunyi fonetik dasar dari huruf abjad seperti /a/, /b/, /c/ dan seterusnya.

Kemudian ajarkan kepada anak menggabungkan bunyi fonetik itu seperti, /a/ - /t/ membentuk "at,/ b/ - /a/ - /t/ membentuk "bat"

Selanjtunya, berikan anak kata-kata sederhana yang mudah dibaca dan ajak untuk membacanya berdasarkan bunyi fonetik.

3. Permainan Bunyi dan Kata

Orang tua mengajak anak bermain tebak kata dengan cara memberikan petunjuk bunyi atau gambar kata untuk ditebak. Ajak anak untuk bermain mencari huruf-huruf dalam kata lalu membacanya.

Berikan potongan huruf atau kata dan ajak anak menyusunnya menjad kata lengkap.

4. Berkomunikasi dengan Anak

Mengajak anak berbicara menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami dan ajak berbicara. Melibatkan anak membaca label atau tulisan sekitar, seperti nama mainan, makanan atau benda.

Berikan dukungan dan kesabaran kepada anak dalam proses pembelajaran, sebab setaip anak belajar dengan kecepatan berbeda.

Mengajari anak membaca tanpa mengeja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan minat anak.

5. Latihan Rutin

Rutin latihan membaca setiap hari. Sebab konsisten melatih anak membuat mereka lebih cepat mengembangkan kemampuan membaca.

Orang tua harus memberikan dorongan dan pujian, setiap kali anak berhasil membaca. Motivasi anak agar terus berlatih dan jangan lupa memberikan penghargaan atas usaha anak.

Itulah beberapa cara mengajari anak membaca tanpa mengeja, semoga bermanfaat.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut