get app
inews
Aa Read Next : Banyak Warga Tertipu Investasi Bodong, Ditreskrimum Polda Sultra Buka Posko Aduan

Gadai BPKB Mobil, 5 Lembaga Terbaik, Pinjaman Cepat dan Terpercaya

Sabtu, 20 Mei 2023 | 13:45 WIB
header img
Gadai BPKB Mobil, 5 Lembaga Terbaik, Pinjaman Cepat dan Terpercaya. (Foto: okezone.com)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Keinginan setiap individu tentu beragam, sehingga situasi keuangan seseorang kadang-kadang mengalami fluktuasi. Ketika ada kebutuhan mendesak yang memerlukan dana besar dalam waktu singkat, salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan.

Meskipun ada berbagai cara untuk mendapatkan pinjaman, pinjaman dengan jaminan tetap merupakan salah satu jenis yang dianggap paling menguntungkan. Ini terkait dengan nilai yang dapat diperoleh, yang disesuaikan dengan nilai kendaraan yang digadaikan.

Hal ini berbeda dengan pengajuan kredit tanpa jaminan. Meskipun prosesnya cepat, jumlah pinjaman yang diperoleh cenderung tidak signifikan. Hal ini karena lembaga keuangan menghindari risiko kerugian akibat gagal bayar.

Bagi mereka yang sedang menghadapi kesulitan keuangan mendesak dengan jumlah dana yang besar, pertimbangkanlah untuk mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan.

Rekomendasi Gadai BPKB Mobil Terbaik 

Sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB mobil, penting untuk mengetahui lokasi yang terpercaya dan dapat diandalkan untuk proses tersebut. Hal ini menjadi perhatian karena saat ini banyak tempat yang menawarkan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil.

Memilih tempat yang dapat dipercaya sangat penting untuk menghindari penipuan oleh perusahaan pembiayaan yang dapat mengakibatkan kerugian besar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk berhati-hati dan melakukan penelitian terkait legalitas perusahaan pembiayaan tersebut.

Bank atau lembaga keuangan yang memiliki legalitas dapat menjadi pilihan untuk mengurus gadai BPKB mobil. Untuk mendapatkan dana dengan cepat, masyarakat umumnya memilih lembaga keuangan non-bank. Lembaga keuangan non-bank seringkali memiliki proses pembayaran yang lebih cepat. Oleh karena itu, banyak orang memilih lembaga keuangan tersebut untuk menggadaikan BPKB mobil.

Berikut adalah lima lembaga pembiayaan terbaik yang direkomendasikan untuk gadai BPKB mobil. Lembaga-lembaga ini terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat:

1. BFI Finance

Salah satu pilihan terbaik untuk menggadaikan BPKB mobil adalah BFI Finance. Mereka menawarkan pinjaman dengan jumlah mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Jumlah pinjaman yang dapat diberikan tergantung pada usia mobil, dengan batas maksimum 85 persen dari nilai mobil yang dijaminkan.

Untuk mengetahui perkiraan pinjaman dan cicilan yang akan kamu terima, kamu dapat menggunakan fitur simulasi gadai BPKB mobil yang disediakan oleh BFI Finance. Mereka juga menawarkan tenor yang cukup panjang, mencapai 48 bulan. Keuntungan lainnya adalah proses pembayaran yang cepat, dengan waktu pencairan hanya 1-2 hari saja.

Syarat Gadai BPKB Mobil di BFI Finance

- Usia 21 - 65 tahun

- Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan

- Menyerahkan foto KTP, NPWP, SPT dan kartu keluarga setiap tahun

- Salinan slip gaji tiga bulan terakhir

- Rekening koran tiga bulan terakhir

- Ikut BPKB dan STNK dulu

2. Adira Finance

Salah satu pilihan terbaik untuk menggadaikan BPKB mobil adalah Adira Finance. Mereka menawarkan pinjaman dengan jumlah yang signifikan, dimulai dari Rp30 juta. Jumlah pinjaman yang diberikan akan disesuaikan dengan nilai BPKB mobil yang kamu jaminan.

Selain itu, Adira Finance juga memberikan fleksibilitas dalam memilih jangka waktu pinjaman, dengan maksimum 12 bulan daripada 48 bulan. Suku bunga yang ditawarkan dimulai dari 0,80 persen per bulan. Proses persetujuan kredit juga relatif cepat, dengan estimasi waktu antara 1-4 hari.

Syarat pinjaman jaminan BPKB mobil di Adira Finance: 

- Warga negara Indonesia berusia antara 21 dan 55 tahun

- Memiliki penghasilan yang stabil

- Memiliki rekening bank Indonesia yang aktif pada saat mengajukan BPKB pegadaian mobil

Mohon untuk melengkapi dokumen-dokumen berikut ini untuk proses pengajuan:

Fotokopi KTP dan KK, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), Dokumen pendukung status perorangan atau pasangan (jika berlaku), Foto mutasi rekening selama tiga bulan terakhir, Slip gaji (jika ada), Foto rekening PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)/listrik/bukti kontrak (jika tinggal di rumah sewa), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan), Rekening koran selama tiga bulan terakhir, Foto mobil dan lokasi usaha, Bukti kepemilikan rumah atas nama Anda.

3. WOM Finance

Salah satu rekomendasi tempat yang dapat dipercaya untuk menggadaikan mobil adalah WOM Finance. Mereka menawarkan proses pinjaman yang cepat tanpa perlu persetujuan dari Bank Indonesia. Pinjaman dapat ditransfer dalam waktu empat hari kerja tanpa ada biaya tambahan yang dikenakan.

Dengan proses persetujuan kredit yang cepat, WOM Finance juga memberikan opsi pinjaman dengan jumlah yang signifikan, dimulai dari Rp20 juta! Jangka waktu pinjaman yang tersedia berkisar antara 11 hingga 46 bulan, dengan tingkat bunga sebesar 0,90 persen per bulan.

Syarat gadai BPKB mobil di WOM Finance: 

- Usia 20 - 60 tahun

- Memiliki penghasilan Rp7 juta per bulan

- Fotokopi KTP pasangan

- Surat nikah

- Foto kartu keluarga

- Tagihan listrik atau PBB 

- Fotokopi slip pembayaran atau buku tabungan rekening

- Foto STNK dan BPKB 

4. Pegadaian

Salah satu rekomendasi terbaik untuk menggadaikan BPKB mobil adalah menggunakan layanan gadai bernama Kreasi yang disediakan oleh Pegadaian. Kreasi ini dirancang khusus untuk memberikan pinjaman kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna mendukung pengembangan usaha. Jumlah pinjaman yang dapat diberikan adalah kurang dari Rp. 10 juta, dan proses pembayaran dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 3 hari.

Syarat Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

- Tidak sedang menerima pembiayaan KUR yang tersedia dari lembaga keuangan manapun

- Usia maksimum kendaraan adalah 20 tahun dengan surat lengkap.

- Kelengkapan dokumen, seperti: surat hukum bisnis (SIUP, SITU, akte perusahaan), SIM kendaraan (BPKB, STNK, invoice, kuitansi) dan kartu keluarga, serta KTP (suami/istri jika bisa berkeluarga).

5. Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance adalah perusahaan pembiayaan yang merupakan bagian dari Bank Mandiri. Mereka dikenal karena menyediakan produk pinjaman multiguna. Salah satu keunggulan dari pinjaman ini adalah pelunasan maksimal yang mencapai 90 persen dari nilai kendaraan yang dijaminkan, dengan jangka waktu maksimal tiga tahun.

Biaya pinjaman dan suku bunga akan disesuaikan dengan nilai mobil dan profil keuangan peminjam. Berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mengajukan pinjaman Multiguna di Mandiri Tunas Finance:

- WNI

- Memiliki rekening Bank Mandiri

- Batas tahun kendaraan antara tahun 2012 sampai 2020

- Menggadaikan BPKB

Sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB mobil, terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Dua Jenis Tempat Gadai BPKB mobil 

Proses pengajuan pinjaman dengan gadai BPKB mobil dapat dilakukan di dua tempat, yaitu di bank dan lembaga keuangan. Meskipun keduanya dapat diandalkan, terdapat perbedaan kecil antara keduanya.

Pada umumnya, bank memiliki proses yang lebih panjang. Ini termasuk pemeriksaan riwayat kredit, serta adanya biaya tambahan yang akan dikurangi dari jumlah pinjaman yang diberikan. Di sisi lain, di lembaga keuangan, proses pengajuan hanya membutuhkan waktu 1-2 hari, dan metode pembayaran berbeda dengan pinjaman yang diperoleh.

2. Pastikan Pegadaian Terdaftar di OJK

Saat ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, penting untuk memilih sumber yang terpercaya. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan BPKB dan memastikan bahwa lembaga tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga memiliki legalitas resmi.

3. Perhatikan Ketentuan Denda dan Sanksi

Sebelumnya, penting untuk memahami dengan baik segala ketentuan, hak, dan kewajiban yang terkait dengan status sebagai debitur dan kreditur. Setiap pemberi pinjaman memiliki kebijakan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu memahami prosedur, denda, dan penalti yang berlaku dalam berbagai kondisi selama periode pinjaman berlangsung.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut