get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Seorang Pria Terobos Barisan Paspampres Saat Kunjungan Presiden Jokowi di Konawe

Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah, Kisah dan Hikmah Dibaliknya

Minggu, 07 Mei 2023 | 22:17 WIB
header img
Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah, Kisah dan Hikmah Dibaliknya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Doa wirid Nabi Sulaiman untuk meraih kekayaan melimpah ruah menjadi idaman bagi banyak orang. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, Nabi Sulaiman dianggap sebagai utusan Allah yang memiliki anugerah dan nikmat yang luar biasa dibandingkan dengan makhluk lainnya, seperti kekayaan dan istana megah.

Nabi Sulaiman adalah putra dari Nabi Daud dan memiliki silsilah langsung dengan Nabi Ibrahim. Allah mengutus Nabi Sulaiman untuk menyeru kaumnya, Bani Israil, agar menyembah pada-Nya. Sebagai seorang nabi dan raja, Nabi Sulaiman mewarisi kitab Zabur dari ayahnya dan memerintah dengan keadilan dan kebijaksanaan.

Allah SWT memberikan kelebihan kepada Nabi Sulaiman berupa kekuasaan, ilmu, kekayaan, dan kebijaksanaan dalam memutuskan suatu perkara. Beliau bahkan mampu memerintahkan bangsa jin, angin, dan hewan. Kerajaan Bani Israil yang luas berada di Kota Jerusalem, dan Nabi Sulaiman memiliki sifat adil dan tegas dalam menentukan suatu perkara. Ia wafat di Baitul Maqdis.

Nabi Sulaiman diberikan beberapa mukjizat, termasuk kerajaan-kerajaan yang sempurna dan kekuasaan yang besar dan luas. Namun, semua anugerah tersebut tidak lepas dari doa Nabi Sulaiman kepada Allah SWT. Sebagai umat Muslim, kita dapat mengambil hikmah dari kehidupan Nabi Sulaiman dan berusaha untuk meneladani akhlaknya serta memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah

Doa Nabi Sulaiman agar mendapat kekayaan melimpah ruah pertama yang bisa diamalkan yakni membaca Surat Shad ayat 35.

 رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لأحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Latin: Rabbighfirlii wa hablii mulkan laa yanbaghi li ahadin min ba'dii innaka antal wahhaab

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudah-ku; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (Shad: 35)

Sebelum menjalankan aktivitas dagang atau saat bekerja, banyak orang mengamalkan Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan. Doa tersebut biasanya dimulai dengan membaca kalimat Bismillahirrahmaanirrahiim dan selalu diamalkan oleh Nabi Sulaiman saat memulai aktivitasnya.

Doa tersebut dituliskan Nabi Sulaiman saat berkirim surat ke Ratu Bilqis untuk mengajaknya beriman kepada Allah SWT. Doa tersebut termaktub dalam Al Quran, Surat An Naml ayat 30. Allah SWT berfirman:

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Latin: Innahuu min sulaimaana wa innahuu bismillahi rahmaanir rahiiim.

Artinya: Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya, "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." (QS. An Naml Ayat 30).

Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan melimpah adalah salah satu dari banyak keutamaan dan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada para nabi-Nya, termasuk Nabi Sulaiman AS. Surat An Naml ayat 15 dalam Al-Quran mencatat bahwa Nabi Sulaiman AS juga memanjatkan doa syukur kepada Allah SWT atas kenikmatan yang diberikan-Nya.

Arab: الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Latin: wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna 'ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā 'alā kaṡīrim min 'ibādihil-mu`minīn

Artinya: Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Dawud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Khalifah Umar ibnu Abdul Aziz pernah mengirim surat yang memuat pesan penting. Isinya menyatakan bahwa ketika Allah memberikan nikmat kepada seorang hamba dan hamba tersebut memuji-Nya atas nikmat itu, maka pujian itu lebih utama daripada nikmat-Nya. Umar ibnu Abdul Aziz menekankan pentingnya mengucapkan pujian dan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan, sesuai dengan apa yang tercantum dalam Kitabullah.

Maka sebagai Muslim, sangatlah penting untuk mengamalkan Doa Wirid Nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan melimpah ruah setiap kali menjalankan aktivitas usaha atau bekerja, dan juga untuk senantiasa mengucapkan pujian dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

Wallahu A'lam

Artikel ini telah ditayangkan di iNews.id dengan link berikut: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/doa-wirid-nabi-sulaiman-untuk-kekayaan-melimpah-ruah-arab-latin-dan-artinya

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut