get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Baru, IPH Sultra Terendah Secara Nasional

Gempa Magnitudo 4,1 yang Mengguncang Lainea Konawe Selatan akibat Aktivitas Sesar Lainea

Kamis, 22 Desember 2022 | 13:02 WIB
header img
Gempa bumi magnitudo 4,1 guncang wilayah Lainea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sutra), Kamis (22/12/2022) pukul 13.00 WITA. (Foto Istimewa)

KONAWE SELATAN, iNewsKendari.id - Gempa bumi magnitudo 4,1 guncang wilayah Lainea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sutra), Kamis (22/12/2022) pukul 13.00 WITA.

Gempa bumi ini terjadi di laut 5.8 km tenggara Lainea, kedalaman 10 km. Pantuan BMKG Kendari, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini jenis dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea.

Laporan yang diterima pihak BMKG Kendari, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Konawe Kepulauan II MMI (getarannya dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),  Kendari dan Konawe Selatan II-III MMI (Getaran dirasakan warga yang berada dalam rumah). 

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa, gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Monitoring BMKG Kendari, hingga pukul 13.32 WITA, terjadi gempa susulan satu kali. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut