get app
inews
Aa Read Next : Terjang Banjir, Tim Medis Konasara Selamatkan Ibu Melahirkan

Incaran Para Kolektor, Ini Daftar Uang Kuno Harga Fantastis

Jum'at, 15 Juli 2022 | 07:00 WIB
header img
Uang kuno merupakan salah satu benda koleksi yang memiliki harga lebih tinggi dibanding nilai aslinya. (Foto: Dok. MPI)

JAKARTA, iNews.id - Uang kuno salah satu benda koleksi memiliki harga lebih tinggi dibanding nilai aslinya. Para kolektor rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan uang kuno yang sangat langka.

Berikut merupakan daftar uang kuno Indonesia dan dunia yang memiliki harga fantastis.

1. Uang Koin Rp250 
Uang koin berdesain burung Garuda dan patung Manjusri dari Candi Tumpang Malang ini membuat para kolektor berani merogoh kocek hingga Rp500.000 per koin. Pasalnya, uang kuno ini termasuk langka karena hanya beredar sebanyak 5.000 keping.

2. Uang Kertas Rp500  
Salah satu uang kuno yang memiliki harga fantastis yakni, uang kertas Rp500 yang diterbitkan pada 1992 silam. Uang kertas bergambar orangutan berwarna kehijauan yang kini sudah tidak diproduksi tersebut dijual seharga Rp1,5 juta sampai Rp8 juta.

3. Uang Kertas Rp5.000 
Uang kuno lainnya yang juga memiliki harga tinggi yakni, uang kertas Rp5.000. Uang dengan desain perempuan mengenakan kebaya dan memegang padi ini memiliki harga jual mencapai Rp10 juta per lembar.

Adapun, yang menjadi keunikan uang kuno yang satu ini yakni ukurannya yang lebih besar dibanding uang kertas lain pada saat itu. Uang yang diterbitkan pada 1958 tersebut memiliki nilai cukup tinggi pada saat itu, bahkan dapat digunakan untuk membeli kendaraan.

4. Uang Koin Rp1.000 
Uang koin yang cukup tebal dengan gambar kelapa sawit ini menjadi uang koin termahal selanjutnya. Uang yang dikeluarkan pada 8 Maret 1993 tersebut mempunyai berat sekitar 8,60 gram, dengan tebal 2,40 mm.

Dengan desain dua warna yakni putih di bagian luar dan kuning di bagian dalam, uang kuno ini memiliki harga fantastis hingga Rp100 juta per keping.

5. Uang Kertas 1.000 dolar AS 
Uang yang dikeluarkan pada 1890 ini cukup diincar para kolektor dikarenakan usianya yang sudah tua. Uang keluaran negeri Paman Sam ini pernah dilelang dengan harga 3,29 juta dolar AS atau setara Rp49 miliar.

6. Uang Kertas 1.000 Gulden 
Uang yang dikeluarkan oleh De Javasche Bank, yang merupakan bank swasta milik Hindia Belanda ini memiliki desain unik dengan gambar wayang di sisi kanan dan kirinya. 

Uang kuno ini diterbitkan sekitar tahun 1933 hingga 1939, dan memiliki harga cukup tinggi yakni mencapai Rp20 juta hingga Rp100 juta per lembarnya. 

7. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru 
Sebelum merubah mata uangnya menjadi dolar, Selandia Baru pernah menggunakan pound sebagai mata uangnya. Negara tersebut baru berganti mata uang menjadi dollar pada 1967.

Salah satu uang kertas kuno milik Selandia Baru yang banyak diminati para kolektor yakni uang nominal 100 pound yang dikeluarkan pada 1929. Adapun, uang yang diproduksi oleh Bank of New Zealand itu pernah dilelang dengan harga 11.500 dolar AS atau sekitar Rp172,4 juta.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut