get app
inews
Aa Read Next : Belasan Tahun Jalan Poros Duriasi Rusak Parah, Warga Tuntut Perhatian Pemerintah dan DPRD Konawe

Presiden Jokowi Pilih Sapi Simental Milik Warga Konawe untuk Kurban di Sultra

Sabtu, 02 Juli 2022 | 18:39 WIB
header img
Sapi Simental Berat 1 Ton Milik Warga Konawe, Dipilih Presiden Jokowi untuk kurban di Sulawesi Tenggara pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (2/7/2022). (Foto: Febriyono Tamenk)

KONAWE, iNews.id - Sapi jantan jenis simental berat 1 ton milik Ade Ariyanto, warga Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sapi bernama si Uppah ini dibeli Presiden Jokowi, untuk kurban di hari raya Idul Adha 1443 H nanti. Harganya Rp110 juta rupiah.

Sapi berusia 3 tahun 8 bulan ini, rutin diberi suntikan vitamin hewan dan buah pisang sebagai pendamping pakan utama rumput.

"Saya tidak menyangka sama sekali sapi ini akan dipilih (Presiden) Jokowi sebagai kurbannya, dan saya senang sekali," ungkap pemilik sapi, Ade Aryanto.

Biro Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, rutin meninjau sapi kurban Presiden Jokowi di kadang, untuk memastikan kondisi kesehatan sapi.

Sebelum dibeli Presiden Jokowi, sapi jenis simental ini sudah menjalani pemeriksaan, pengambilan sampel darah daj swab oleh petugas Laboratorium Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan, hasil negatif PMK.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, bapak Presiden memberikan bantuan sapi untuk kurban diseluruh provinsi se Indonesia, dan untuk di Sulawesi Tenggara seperti tahun lalu kami bekerja sama dengan Dinas Peternakan untuk menyeleksi sapi yang terbaik yang ada di Sulawesi Tenggara, yang terbaik dan yang terberat, dan proses itu sudah dilakukan Dinas Peternakan dan ini adalah hasil dari proses yang dihasilkan oleh Dinas Peternakan," jelas Kasubah Bina Keagamaan Biro Kesra Pemprov Sultra, Sabtu (2/7/2022).

Rencananya, sapi ini akan diberangkatkan ke lokasi penyembelihan hewan kurban yang telah ditentukan Pemprov Sultra, di Pasarwajo, Kabupaten Buton.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut