LA-IDA Komitmen Bangun Pabrik Kakao dan Berikan Bantuan Pupuk Gratis untuk Petani Kolaka Utara

Israil Yanas
LA-IDA Komitmen Bangun Pabrik Kakao dan Berikan Bantuan Pupuk Gratis untuk Petani Kolaka Utara. (Foto: Istimewa)

KOLAKA UTARA, iNewsKendari.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 3, Lukman Abunawas-La Ode Ida, menggelar kampanye terbuka di Kolaka Utara, Selasa (1/10/2024).

Dalam kampanye terbuka yang digelar di Desa Mikuasi, Kecamatan Pakue, Pasangan Calon (Paslon) akronim LA-IDA, memaparkan program-program prioritas jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, salah satunya program Sultra produktif.

Melalui program ini kata Lukman, masyarakat Kolaka Utara (Kolut), rata-rata berpenghasilan sebagai petani kakao, akan mendapatkan manfaat melalui peningkatan pengelolaan yang selama ini dinilai belum maksimal.

“InsyaAllah, ketika kami terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, di Kolaka Utara ini akan kita bangun pabrik Kakao", ujar Lukman di hadapan warga Kecamatan Pakue.

Pembangunan pabrik kakao di Kolut, menurut Lukman Abunawas penting, agar hasil Kakao bisa dirasakan dan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat

“Ketika dibangun pabrik, masyarakat akan menanam Kakao dengan jumlah banyak dan hasilnya bisa langsung diolah untuk masyarakat itu sendiri,” bebernya.

Selain membangun pabrik, Lukman juga komitmen akan memenuhi pupuk bagi para petani di Kolut. Sebab Kakao merupakan program kerja yang mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Kami juga akan memberikan pupuk gratis kepada para petani. Jadi ketika sudah ada pabriknya, maka akan ada juga pupuk gratis untuk para petani Kakao dan petani lainnya,”  jelasnya.

Warga yang hadir dalam kampanye terbuka, senang dan bahagia mendengarkan program-program yang dipaparkan LA-IDA, utamanya rencana pembangunan pabrik Kakao dan bantuan pupuk gratis. Sebab hal ini sangat dibutuhkan warga Kolaka Utara.

Editor : Asdar Zuula

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network