Jejak 4 Negara Muslim yang Runtuh dari Persia Hingga Yaman, Inilah Fakta di Baliknya

Rizky Darmawan
ejak 4 Negara Muslim yang Runtuh dari Persia Hingga Yaman, Inilah Fakta di Baliknya. (Foto: mzemo)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Ada 4 Negara Muslim yang hilang atau runtuh sepanjang sejarah. Penyebab keruntuhan ini beragam, seperti perang dan konflik internal. 

Di kawasan Timur Tengah, banyak negara Muslim yang dahulu kuat, namun kini telah runtuh dan digantikan oleh negara-negara baru.

Empat Negara Muslim yang Telah Runtuh itu adalah:

1. Kekaisaran Persia
  
Kekaisaran Persia didirikan oleh Koresh Agung (Cyrus the Great) sekitar tahun 550 SM. Pada masa puncaknya di bawah pemerintahan Darius Agung (522-486 SM), wilayah kekuasaan Persia membentang dari Kaukasus dan Asia Barat hingga Makedonia (sekarang Balkan), Laut Hitam, Asia Tengah, Libya, dan Mesir.

Meskipun Persia sering dianggap identik dengan Islam, agama ini baru dominan setelah penaklukan Arab pada abad ke-7 Masehi. Sebelumnya, mayoritas penduduk Persia menganut Zoroastrianisme, salah satu agama monoteistik tertua di dunia yang masih dianut sebagian kecil masyarakat di Iran dan India.

Kekaisaran Persia mulai merosot setelah kegagalan invasi ke Yunani oleh Xerxes I pada 480 SM. Akhirnya, Kekaisaran Persia Akhemeniyah jatuh ke tangan Alexander Agung pada 330 SM. Setelah itu, beberapa dinasti menguasai wilayah Persia, termasuk Kekaisaran Sassania (226-651 M), Persia Islam (700-1400 M), dan Dinasti Qajar hingga abad ke-20. Kini, wilayah tersebut dikenal sebagai Iran.

Editor : Asdar Zuula

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network